Peran Dan Kedudukan Wanita Dalam Islam

Peran Dan Kedudukan Wanita Dalam Islam - Selama ini, kebanyakan kaum laki-laki memiliki anggapan kalau Wanita merupakan sosok yang lemah. Tapi bagaimana menurut penilaian islam mengenai kedudukan seorang wanita? Kedudukan kaum wanita kalau di lihat dalam pandangan dan juga ajaran Islam ternyata tidak seperti yang diduga oleh kebanyakan masyarakat. Dalam pandangan Hslam wanita memiliki peranan yang sangat penting sekali tetapi tentu saja harus sesuai dengan yang sudah digariskan oleh ajaran agama Islam. Dengan kata lain peranan wanita tidak bertentangan dengan kodratnya sebagai seorang wanita yang kalau di lihat dari susunan biologis serta nilai-nilai dari kejiwaan seorang wanita tentu berbeda dengan kaum Pria.

Prinsip pokok dari ajaran agama Islam adalah adanya persamaan antara sesama manusia, baik itu untuk laki-laki juga perempuan meskipun itu untuk antar bangsa, suku serta keturunan. Salah satu perbedaan yang perlu digaris bawahi dan kemudian akan meninggikan atau merendahkan seseorang adalah di lihat dari nilai pengabdian serta ketakwaannya kepada Allah SWT.

"Wahai seluruh manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (terdiri) dari lelaki dan perempuan dan Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal, sesungguhnya yang termulia di antara kamu adalah yang paling bertakwa" (QS 49: 13)

Peran Wanita Solehah Dalam Islam


Jika masih ada keraguan terhadap Anda bagaimana sebetulnya posisi wanita itu ternyata amat dimuliakan oleh Allah SWT menurut pandangan agama Islam, Anda bisa simak beberapa yang ada di bawah ini:

1.Seorang Wanita yang senantiasa menjaga ketaatan dan juga kerelaannya terhadap suaminya, wanita yang selalu menjaga sholatnya, dan dapat menjalankan seluruh kewajiban puasanya yang dikerjakan selama bulan ramadhan, maka semua ikan-ikan yang ada di lautan, segala jenis burung di udara, para malaikat-malaikat yang ada di langit, matahari serta bulan, semuanya itu akan memohonkan ampunan kepadanya (wanita tersebut)

2.Aisyah ra. pernah menanyakan kepada Rasulullah/Nabi Muhammad SAW tentang siapakah yang lebih besar haknya terhadap seorang Wanita. Rasulullah Muhammad SAW pun menjawab bahwa yang lebih berhak adalah suaminya. Kemudian pada waktu Aisyah menanyakan lagi kepada Rasulullah Muhammad SAW, siapakah yang lebih berhak terhadap laki-laki, Rasulullah Muhammad SAW pun menjawab yang berhak adalah Ibunya.

3.Wanita yang senantiasa menjaga sholatnya secara sempurna atau selama 5 waktu, kemudian juga selalu menunaikan ibadah puasa selama pada bulan ramadhan, Wanita yang bisa memelihara kehormatannya dan bisa menjaga ketaatannya terhadap suaminya, maka wanita tersebut akan dijamin masuk surga dari arah pintu mana saja yang dia kehendaki.

4.Buat Setiap wanita yang mau membantu memudahkan suaminya untuk hal yang berhubungan dengan urusan agama, maka Allah SWT akan memasukkan wanita tersebut ke dalam surga 10.000 tahun lebih dahulu dari pada suaminya.

5.Setiap wanita yang mengalami kesakitan pada saat melahirkan anaknya maka Allah SWT akan memberikan wanita tersebut pahala seperti orang yang sedang berjihad di jalan Allah.

6.Seorang Ibu yang tidak bisa tidur semalaman di karenakan selalu menjaga dan merawat anaknya yang dalam kondisi sakit, maka Allah SWT akan memberikan pahala buat ibu tersebut dimana pahalanya memiliki nilai yang sama besarnya dengan memerdekakan 70 orang budak dengan ikhlas karena demi membela kebenaran Islam dan Allah SWT.

Dengan melihat uraian seperti yang tersebut di atas, betapa kedudukan seorang wanita ternyata sangat mulia sekali dalam pandangan islam..